Pada masa lalu di daerah Kalimantan Barat ternyata terdapat cukup banyak Kesultanan Melayu yang berjaya. Beberapa kesultanan Melayu yang besar adalah Kesultanan Kadriah Pontianak, Kesultanan Sambas, Kesultanan Sintang, Kesultanan Matan Tanjung Pura, Kesultanan Mempawah, Kesultanan Ismahayana Landak, Kesultanan Sangau, Kesultanan Kubu, dan Kesultanan Sekadau. Kesultanan-kesultanan tersebut masih meninggalkan jejak-jejak sejarah hingga saat ini berupa bangunan Keraton/Istana. Umumnya tak jauh dari keraton-keraton/Istana tersebut terdapat masjid jamek.

Melihat Keraton/Istana Melayu di Kota Pontianak adalah bersama Tugu Khatulistiwa yang berada tidak berapa jauh dari lokasi. Di sebelah kompleks Keraton/Istana Kadriah Pontianak ini terdapat Masjid Jamik Sultan Syarif Abdurrahman.

Untuk melihat keraton atau Istana Alwatzikhoebillah beserta Masjid Jamik di Kota Sambas, hanya 5 minit dari Kota Pontianak dan melewati Kota Singkawang.

Istana/ Keraton Al Muharramah di Kota Sintang pula terletak 7-8 jam dari Pontianak. Kota Sintang dan Sambas ini berlawanan arah dari kota Pontianak. Sedangkan untuk melihat Istana/Keraton Panembahan dari Kerajaan Matan adalah jauh sedikit dari Pontianak.

Warna kuning mendominasi bangunan Istana/keraton-keraton tersebut, sama seperti nuansa Melayu di Riau atau semenanjung Tanah melayu sendiri, Di samping bangunan Istana/keraton sisa-sisa kejayaan Kesultanan Melayu di Kalimantan Barat, terdapat pula bangunan seperti Istana/Keraton peninggalan Kesultanan Matan Tanjung Pura yang dibangun oleh keluarga tokoh masyarakat di Ketapang. Bangunan tersebut berdiri masih megah di tepian Sungai Pawan.
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=514914121908949&set=a.151182671615431.38068.146299788770386&type=1&permPage=1

ไม่มีความคิดเห็น:

แสดงความคิดเห็น